Sunday 20 April 2014

SIKKHĀPADASUTTAṀ

Sutta tentang Empat Jenis Individu yang Berlatih
AN 4.99
 Lihat dalam versi bahasa Inggris atau Pāḷi
-----------------------------------------------------------------------------------

"Para bhikkhu, terdapat empat jenis individu yang dapat ditemukan yang di dunia. Apakah yang empat itu? Orang yang berlatih untuk kepentingannya sendiri tetapi tidak untuk orang lain. Orang yang berlatih untuk kepentingan orang lain tetapi tidak untuk dirinya sendiri. Orang yang berlatih tidak untuk kepentingannya sendiri maupun orang lain. Orang yang berlatih untuk kepentingannya sendiri dan untuk orang lain.”

"Dan bagaimanakah seseorang dikatakan adalah individu yang berbuat untuk kepentingannya sendiri tetapi tidak untuk orang lain? Ada kasus di mana seseorang menghindari pembunuhan makhluk hidup tetapi tidak mendorong orang lain dalam melakukan penghindaran pembunuhan makhluk hidup. Dia sendiri menghindari pencurian tetapi tidak mendorong orang lain dalam melakukan penghindaran dari mencuri. Ia sendiri menghindari hubungan seksual yang salah tetapi tidak mendorong orang lain dalam melakukan penghindaran perbuatan asusila. Ia sendiri menghindari pengucapan kata-kata bohong tetapi tidak mendorong orang lain dalam melakukan penghindaran dari berbohong. Ia sendiri mengindari minum minuman keras yang menyebabkan lemahnya kesadaran tetapi tidak mendorong orang lain dalam melakukan penghindaran minum minuman keras yang menyebabkan lemahnya kesadaran. Itulah individu yang menjalankan latihan hanya untuk kepentingannya sendiri tetapi tidak untuk kepentingan orang lain.”

"Dan bagaimanakah seseorang dikatakan adalah individu yang berbuat untuk kepentingan orang lain tetapi tidak untuk dirinya sendiri? Ada kasus di mana seseorang tidak menghindari pembunuhan makhluk hidup, tetapi mendorong orang lain dalam melakukan penghindaran pembunuhan makhluk hidup. Dia sendiri tidak menghindari pencurian tapi mendorong orang lain untuk menghindari pencurian. Dia sendiri tidak menghindari perbuatan seksual yang salah tetapi mendorong orang lain untuk menghindari perbuatan asusila. Ia sendiri tidak menghindari dari kata-kata bohong, tapi mendorong orang lain untuk menghindari kata-kata bohong. Ia sendiri tidak menghindari minum minuman keras yang menyebabkan lemahnya kesadaran tapi mendorong orang lain untuk menghindari minum minuman keras yang menyebabkan lemahnya kesadaran. Itulah individu yang berbuat untuk kepentingan orang lain tetapi tidak untuk dirinya sendiri.”

"Dan bagaimanakah seseorang dikatakan sebagai individu yang tidak berlatih untuk kepentingannya sendiri maupun untuk orang lain? Ada kasus di mana individu tertentu sendiri tidak menghindari pembunuhan makhluk hidup dan tidak mendorong orang lain untuk menghindari pembunuhan makhluk hidup. Ia sendiri tidak menghindari pencurian dan tidak mendorong orang lain untuk menghindari pencurian. Dia sendiri tidak menghindari perbuatan seksual yang salah dan tidak mendorong orang lain untuk menghindari perbuatan asusila. Dia sendiri tidak menghindari kata-kata bohong dan tidak mendorong orang lain untuk menghindari kata-kata bohong. Ia sendiri tidak menghindari munum minuman keras yang menyebabkan lemahnya kesadaran dan tidak mendorong orang lain dalam menghindari minum minuman keras yang menyebabkan lemahnya kesadaran. Iltulah individu yang tidak berlatih untuk kepentingannya sendiri maupun kepentingan orang lain.”

"Dan bagaimanakah seseorang dikatakan sebagai individu yang berlatih untuk kepentingannya sendiri dan untuk kepentingan orang lain? Ada kasus di mana individu tertentu sendiri menghindari pembunuhan makhluk hidup dan mendorong orang lain untuk menghindari pembunuhan makhluk hidup. Ia sendiri menghindari pencurian dan mendorong orang lain untuk menghindari pencurian. Ia sendiri menghindari hubungan seksual yang salah dan mendorong orang lain untuk menghidari perbuatan asusila. Ia sendiri menghindari kata-kata bohong dan mendorong orang lain untuk menghidari kata-kata bohong. Ia sendiri menghindari minum minuman keras yang menyebabkan lemahnya kesadaran dan mendorong orang lain untuk menghindari minum minuman keras yang menyebabkan lemahnya kesadaran. Itulah orang yang berlatih untuk kepentingannya sendiri dan untuk kepentingan orang lain.”


"Ini adalah empat jenis individu dapat ditemukan yang ada di dunia."

Referensi:
Diterjemahkan dari bahasa Pāḷi ke dalam bahasa Inggris oleh Thanissaro Bhikkhu dalam Sikkha Sutta.

No comments:

Post a Comment