Tuesday 11 March 2014

TIPIṬAKA

Kitab Suci Agama Buddha

TIPIṬAKA

Sutta Pitaka, Vinaya Pitaka, Abhidhamma Pitaka, Tipitaka
Kumpulan TIPIṬAKA


Tipiṭaka terdiri dari dua kata, yaitu “Ti” yang berarti tiga dan “piṭaka” yang berarti keranjang. Tipiṭaka berbasis kepada Pāḷi Kanon yang digunakan oleh tradisi Buddhisme Theravāda. Keseluruhan teks Tipiṭaka beserta komentarnya, membentuk sekumpulan teks Tipiṭaka klasik Theravāda.


Tiga bagian Tipiṭaka adalah tersebut adalah:

Vinaya Piṭaka
Vinaya Piṭaka merupakan kumpulan teks yang membahas aturan perilaku atau sikap para bhikkhu, bhikkhūṇi, sāmaṇera, dan sāmaṇeri sebagai anggota komunitas Saṅgha. Vinaya Piṭaka tidak hanya mencantumkan aturan-aturan bagi para pabbajjitā, tetapi juga kisah atau latar belakang terbentuknya setiap aturan. Vinaya Piṭaka disusun untuk mengumpulkan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh Buddha untuk menjaga kelestarian Saṅgha.

Sutta Piṭaka
Sutta Piṭaka merupakan kumpulan khotbah Buddha dan para siswa Buddha. Sutta Piṭaka dikelompokkan menjadi lima bagian. Kelima bagian itu adalah Dīgha Nikāya; Majjīma Nikāya; Saṁyutta Nikāya; Aṅguttāra Nikāya; dan Khuddaka Nikāya.

Abhidhamma Piṭaka
Abhidhamma Piṭaka merupakan kumpulan doktrin Buddha yang berhubungan dengan analisis terperinci mengenai citta, cetasika, rūpa, nibbāna. Semua itu dijelaskan secara mendalam dan terperinci.

No comments:

Post a Comment